Peringatan Tsunami Pasifik Perkirakan Tsunami di Aceh Hanya 17 Cm


Ilustrasi (AFP)
Singapura, Pusat Peringatan Tsunami wilayah Pasifik di Hawaii memperkirakan tsunami yang melanda wilayah Aceh tidak begitu besar. Tsunami setinggi 17 cm akan melanda wilayah Aceh.

Ahli geofisikawan dari Pusat Peringatan Tsunami wilayah Pasifik, Victor Sardina, menuturkan pengukuran gelombang vertikal di Samudera Hindia pasca gempa mencapai 35 cm. Pengukuran tersebut dilakukan dengan alat pengukur.

Dengan demikian, diperkirakan ketinggian gelombang ketika mencapai daratan yakni setinggi 17 cm. Kendati demikian, Sardina tidak bisa memberikan waktu pasti kapan gelombang tersebut mencapai daratan.

"Nampaknya tidak akan terjadi tsunami yang besar. Tapi kami masih terus memantau kemungkinan gelombang tsunami yang akan datang," jelas Sardina, seperti dilansir oleh Reuters, Rabu (11/4/2012).

Gempa berkekuatan besar terjadi di Simeulue, Aceh pada pukul 15.38 WIB. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa mencapai 8,5 SR.

Kemudian pada pukul 17.43 WIB, terjadi gempa susulan yang cukup besar, yakni mencapai 8,1 SR yang terjadi di koordinat 0.78 lintang utara dan 92,15 bujur timur. Posisi gempa di 483 km barat daya Simeulue dengan kedalaman 10 km.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More