Intel Thunderbolt port PC akan hadiri April 2012


Dikutip Info Teknologi dari Digitimes, dikabarkan Intel telah bekerjasama dengan beberapa produsen PC high-end untuk bersiap merilis port Thunderbolt di motherboard, notebook, dan PC Desktop pada bulan April 2012.
Sampai saat ini Apple merupakan satu-satunya produsen komputer yang menyertakan port Thunderbolt di produk buatannya seperti monitor, MacBook Pro, iMac, MacBook Air, dan MacBook Mini.
Implementasi Thunderbolt sendiri sebenarnya bukannya tanpa halangan, karena komponen chip yang cukup mahal (US$20) dan juga adanya konflik dengan teknologi yang sudah ada seperti USB 3.0.
Tapi setelah banyaknya permintaan akan teknologi dengan akses data yang lebih cepat dan prediksi penurunan harga chip di pertengahan 2012 serta keberhasilan Apple meningkatkan minat konsumen akan Thunderbolt; membuat Intel akhirnya siap untuk merilisnya ke publik dalam skala besar.
Port Thunderbolt dari intel
Mengingat waktu yang dipilih adalah tepat bulan April 2012, maka ada kemungkinan Thunderbolt akan dirilis bersamaan dengan prosesor 22nm terbaru Intel yaitu Ivy Bridge. Beberapa produsen PC yang dikabarkan telah siap untuk meluncurkan port Thunderbolt diantaranya adalah Sony, Asus dan Gigabyte.
Note: Thunderbolt adalah port buatan Intel yang memiliki kecepatan 10 Gigabits/detik. 20x lebih cepat dari USB 2.0, 12x lebih cepat dari Firewire 800 dan 2x lebih cepat dari USB 3.0.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More