CD Ripping


Published on September 27, 2012 by  in SoftwareTips
CDexApakah kamu memiliki koleksi CD musik? Seperti kita ketahui, kepingan CD memerlukan perawatan khusus agar data yang ada di dalamnya tidak rusak. Jika kepingan CD tergores, kemungkinan data yang di dalamnya tidak dapat diakses lagi. Hal ini mungkin merupakan salah satu penyebab kebanyakan orang sekarang lebih memilih format MP3 untuk menyimpan koleksi lagu.
Bagaimana dengan koleksi CD kesayangan yang kamu miliki? Kamu bisa dengan mudah melakukan ripping lagu yang ada di dalam CD untuk dirubah ke format MP3 sehingga bisa kamu simpan ke dalam komputer. Dengan format MP3, kamu bisa dengan lebih mudah mendengarkan musik favorit kamu. Masukkan ke dalam perangkat MP3 Player atau bahkan ponsel. Proses ripping CD dapat kamu lakukan dengan menggunakan software CD Ripper yang banyak tersedia secara gratis.
CDex merupakan salah satu software CD Ripper yang dapat membantu kamu mengkonversi koleksi CD kamu ke format MP3 dengan cepat dan mudah.

Download dan Install CDex

Pertama-tama, download CDex disini, kemudian tunggu hingga proses download selesai.
Lakukan instalasi CDex ke dalam komputer kamu.
Setelah proses instalasi selesai, jalankan program dan buka menu Options. Disini, kamu bisa melakukan beberapa perubahan agar proses ripping menjadi lebih optimal.
  • Pada bagian Generic, kamu bisa mengatur pilihan Automatic Shutdown After Ripping / Encoding. Apakah kamu ingin mematikan komputer setelah melakukan proses Ripping? Jika tidak, maka jangan aktifkan pilihan ini.
  • Di tab Filenames, terdapat pengaturan nama file dan lokasi penyimpanan file hasil ripping sesuai dengan keinginan kamu.
    CDex
  • Pada bagian CD Drive, kamu bisa menentukan pengaturan sesuai keinginan dan kebutuhan kamu.
    CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan
Setelah selesai melakukan pengaturan, kamu bisa segera melakukan ripping CD.


Cara Ripping CD ke MP3

Setelah kamu memasukkan CD musik, daftar lagu akan muncul di CDex. Terkadang muncul judul lagu, atau hanya muncul nama ‘Audio01’, ‘Audio2’ dan sebagainya.
CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan

Kamu bisa langsung melakukan rip, namun nama file akan menjadi ‘berantakan’ jika kamu tidak melakukan pengaturan terlebih dahulu, tentunya untuk mempermudah kamu mengetahui nama file tersebut. Mulai dari judul lagu, penyanyi dan lainsebagainya.
Pada pilihan CDDB yang terdapat di bagian atas window CDex, pilih “Read Remote freedb”
CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan

CDex akan terhubung dengan remote database dan jika tidak ada masalah, nama file akan dirubah secara otomatis. Apabila terdapat lebih dari 1 database yang cocok, kamu bisa memilih salah satunya, kemudian nama file akan secara otomatis terisi di CDex.
CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan

Nah, setelah proses rename selesai, kamu bisa mulai menjalankan proses ripping. Pada tombol yang ada di sebelah kanan, kamu bisa menentukan format hasil ripping yang diinginkan.
CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan
Proses ripping akan dijalankan dan dalam beberapa saat, file MP3 kamu sudah siap dan tersedia di dalam folder hasil ripping yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
CDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah DigunakanCDex, Sofware CD Ripping Gratis yang Paling Mudah Digunakan
CDex adalah software CD Ripping yang sangat cocok digunakan untuk pemula ataupun pengguna tingkat lanjut. Selain mudah digunakan, CDex memiliki segala fitur dan fungsi yang diperlukan untuk melakukan CD ripping.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More