HotKey untuk Browsing Lebih Cepat


HotKey

Koneksi internet yang kita miliki sekarang mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan 10 tahun yang lalu. Browsing menjadi lebih cepat dan dalam hitungan detik, kamu bisa menjelajah berbagai website sekaligus, apalagi ditambah dengan fitur tab yang sekarang dimiliki hampir semua browser populer.
Tentunya kamu memiliki beberapa website yang sering dikunjungi, bukan? Untuk mempermudah kamu ketika browsing, bookmark merupakan fitur yang pasti sering digunakan untuk dengan cepat membuka website tersebut. Selain itu, terdapat fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk browsing lebih cepat menggunakan Firefox atau Chrome, yaitu berupa add-on yang bisa kamu tambahkan pada masing-masing browser.


SiteLauncher [Firefox]

SiteLauncher
Setelah kamu meng-install SiteLauncher, tekan Ctrl+Spasi untuk membuka launcher. Pada Firefox, kamu akan menemukan daftar shortcut, namun kamu juga bisa menemukan opsi lain dengan klik kanan pada tiap website.
Tampilan “Manage shortcuts” :
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

Disini, kamu bisa mengedit, menambahkan dan menghapus shortcut. Kamu juga bisa menentukan tombol apa  yang kamu inginkan untuk membuka sebuah website tanpa harus membuka launcher. Kamu dapat menggunakan integrasi hotkey dengan global hotkey apapun yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengganti hotkey yang digunakan untuk menjalankan launcher.
Lakukan pengaturan tampilan launcher, dengan preview yang bisa kamu lihat ketika melakukan perubahan sebelum disimpan.
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

SiteLauncher Firefox juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan pengaturan yang sudah kamu buat ke browser Chrome atau bahkan ke komputer lain. Fitur ini sangat berguna jika kamu menggunakan 2 buah browser atau beberapa komputer secara rutin.
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

SiteLauncher [Chrome]

Untuk browser Chrome, SiteLauncher akan menambahkan ikon segitiga biru di jendela browser Chrome kamu. Klik pada ikon ini untuk membuka jendela launcher. Kamu juga bisa membuka launcher dengan menekan tombol Ctrl+Spasi.
SiteLauncher Chrome
SiteLauncher pada Chrome tampak lebih rumit dengan berbagai website yang tersedia. Selain itu, terdapat juga tombol yang akan membuka pilihan manager, option dan tombol lain untuk menambahkan shortcut untuk page yang sedang kamu buka. Jendela launcher dapat kamu kostumisasi, walau hampir tidak sebanyak Firefox. Kamu bisa mengganti tema dan tampilan yang muncul pada setelah ikon website.
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

SiteLauncher untuk Chrome tidak memiliki pilihan direct launch, yang artinya kamu harus menggunakan launcher untuk dapat menggunakan fiturnya, dimana kamu harus menekan 3 tombol untuk membuka website menggunakan hotkey (Ctrl+Spasi+Hotkey).
Berikut tampilan SiteLauncher untuk Google Chrome :
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

Seperti yang kamu lihat, tampilannya berbeda dengan SiteLauncher milik Firefox, namun keduanya memiliki pilihan yang hampir sama. Versi Chrome memiliki built-in grup yang tentunya dapat kamu edit, pada Firefox, kamu perlu mengaktifkannya secara manual. Perlu diingat, kamu dapat mengimport shortcut dari Firefox namun kamu tidak bisa mengekspor dari Chrome.

Sailor Shortcuts [Firefox]

Bagi kamu yang lebih menginginkan aplikasi sederhana, Sailor Shortcuts untuk Firefox merupakan solusi yang paling cepat. Untuk melakukan pengaturan, kamu perlu mengakses add-on manager pada Firefox, kemudian klik tombol “Options” di Sailor Shortcuts.
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat

Berikut tampilan Sailor Shortcuts :
Gunakan HotKey untuk Browsing Lebih Cepat
Seperti yang terlihat di atas, Sailor Shortcut sangat simple dibandingkan SiteLauncher. Kamu hanya bisa memiliki 10 shortcut dengan kombinasi tombol keyboard yang bisa kamu tentukan sendiri. Sailor Shortcuts mendukung meta key yang terdapat pada beberapa keyboard tertentu. Pengaturan lain yang bisa kamu lakukan adalah menentukan apakah website dibuka pada tab baru.
Sailor Shortcut tidak memiliki pilihan export/ import pengaturan shortcut.

Masing-masing add-on diatas bekerja dengan baik untuk membuat browsing kamu menjadi lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More