Panning - Motion Feel

Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk menangkap efek pergerakan dari objek. Biasa digunakan untuk sport fotografi. Dengan melakukan gerakan swing, yaitu gerakan memutar mengikuti pergerakan objek, kita dapat menangkap objek dan membuat background menjadi blur yang membuat feeling pergerakan pada foto kita.

Berikut Tips dan istilah
Mode Tv atau S, atau shutter priority, dimana secara manual kita mengatur kecepatan dari shutter, dan kamera akan secara otomatis mengatur besar diafragma.

Setting AF atau Auto Focus dengan AI Servo atau C (continues focus) (istilah dapat berbeda pada kamera yang berbeda)

Setting Speed Tidak ada rumus yang pasti untuk ini, tergantung dari kebiasaan dan pergerakan benda itu sendiri. Ada yang nyaman dengan kecepatan tinggi ada yang lebih terbiasa dengan kecepetan lebih rendah. Keuntungan dengan kecepatan tinggi (1/60) adalah resiko blur pada sumbu yang berlawanan dari arah panning (contoh arah panning adalah horizontal, maka arah lawannya adalah vertikal) dapat dikurangi.

Swing, setelah semua disiapkan , lakukan swing untuk mengikuti pergerakan objek dan click, tangkap objek Anda.

Tripod atau Monopod, gunakan alat ini untuk mendapatkan hasil yang lebih clear pada objek. Bila menggunakan tripod, pastikan, tripod memiliki head dengan fasilitas mengunci sumbu horizontal.

Tips Lensa, Anda dapat menggunakan lensa jenis apa saja. Yang perlu diperhatikan, bila menggunakan lensa zoom, sedikit pergerakan dapat menyebabkan blur pada objek. Selain itu, bila autofocus dari lensa lambat, lakukan prefocusing pada lokasi dimana Anda ingin menangkap si objek, sebelum anda membidik si objek.

Tips Lokasi, hindari backlight yang tinggi, gunakan background lokasi yang kaya warna agar menambah efek motion lebih wah..

Tips berlatih, gunakan dahulu objek besar, seperti mobil untuk berlatih swing.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More