29 tahun Terpisah, Cewek kembar Asal Semarang Bersatu di Swedia


Emilie Falk, dan Lin Backman, kembar asal Indonesia yang bertemu di Swedia

Terpisah hampir 29 tahun, perempuan kembar asal Semarang, Indonesia, justru bertemu di Swedia. Uniknya, pertemuan Emilie Falk, dan Lin Backman berlangsung secara tak sengaja.

Emilie dan Lin terpisah sedari bayi. Mereka yang semula dirawat di sebuah panti asuhan di Semarang, diadopsi dua keluarga berbeda asal Swedia.

Saat berada di Swedia, kakak dan adik ini justru tinggal tak berjauhan. Berada di selatan Swedia, rumah perempuan kembar itu hanya berjarak sekitar 40 kilometer.

Dilansir dari Telegraph, keberadaan yang tak terlalu jauh tersebut sempat membuat keluarga Backman menaruh curiga bila Lin memiliki saudara kandung. Hal ini menyusul pengakuan seorang pengemudi taksi yang menyebut bila Lin memiliki rupa yang mirip dengan seseorang.
Berbekal informasi sopir taksi, keluarga Backman mencari nama Indonesia atas putri mereka. Hasilnya, mereka menemukan anggota keluarga Falk memiliki kemiripan.

Kedua keluarga itu kemudian kerap bertemu. Mereka membandingkan sejumlah catatan.

"Mereka melacak surat adopsi, tetapi mereka tidak menganggap kami sama satu sama lain. Dan banyak yang tidak dicantumkan dalam dokumen itu. Dan saat itu tidak ada pemeriksaan DNA," kata Emilie, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (1/2/2012).

Di antara ketidakcocokan diantara keduanya adalah berbedanya nama ayah kandung kedua gadis itu meskipun catatan menunjukkan keduanya memiliki ibu yang sama. Kendati demikian kedua orang tua Emilie dan Lin akhirnya memutuskan dugaan bahwa kedua gadis ini kembar adalah sebuah kesalahan.

Kedua keluarga itu, akhirnya berhenti menduga bahwa kedua anak yang mereka adopsi itu merupakan anak kembar.

Emilie dan Lin, mengaku telah diberitahu mengenai cerita itu dari kedua orangtuanya semasa anak-anak. Namun saat itu, mereka tidak menanggapinya secara serius. Mereka juga tak menganggap penting dari mana asal usul mereka.

"Namun saat saya menikah dua tahun lalu, saya mulai berpikir tentang keluarga dan proses adopsi saya," kata Emilie.

"Lalu saya tanyakan kepada ibu dan dia menceritakan kisah itu lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari Lin," tambahnya.

Langkah pertama yang dilakukan Emilie adalah mendapatkan sebuah nama dengan mencari melalui jaringan sosial anak-anak Indonesia yang diadopsi keluarga Swedia. Akhirnya, Emilie menemukan Lin di jaringan sosial facebook.

"Saya lahir 18 Maret 1983 di Semarang dan nama ibu kandung saya adalah Maryati Rajiman," kata Emilie menulis di wall milik Lin. Tak lama kemudian dia mendapat balasan dari Lin.

"Wah itu juga nama ibu saya, dan itu juga hari ulang tahun saya," ujar Lin.

Selanjutnya, kedua gadis ini mendapati bahwa mereka memiliki banyak kesamaan. Uniknya kedua saudara kembar ini, keduanya juga berprofesi sebagai guru, mereka menikah di tanggal yang sama, namun berbeda tahun. Bahkan mereka melakukan dansa di hari pernikahan dengan diiringi lagu yang sama, You and Me karya Lifehouse.

"Ini semua sukar dipercaya," kata Emilie.

Keduanya pun sepakat melakukan tes DNA. Dan ternyata hasil tes DNA menunjukan mereka adalah saudara kandung. "Saat Lin menelepon, saat itu saya tengah berada di dalam mobil dan saat dia mengatakan hasilnya. Saya tertawa karena semua terasa sangat aneh," tambahnya seraya mengemukakan, mereka berdua kerap bertemua. Mereka juga sepakat mencari orangtua kandung mereka di Indonesia. Salah satu petunjuk yang bisa mereka telusuri saat ini adalah bahwa ayah mereka adalah seorang pengemudi taksi.

"Kami ingin tahu apakah benar ayah kami seorang pengemudi taksi," kata Emilie

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More