Ngalau Indah Payakumbuh Sumatera Barat


Ngalau Indah PayakumbuhNgalau Indah merupakan kawasan gua yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area parkir Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah perkotaan di beberapa titik.
Ngalau Indah Payakumbuh
Penanda tempat wisata Ngalau Indah Payakumbuh yang berada di dekat pertigaan pada GPS: -0.256630, 100.609000 di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, menuju ke arah Ngalau Indah.
Ngalau Indah Payakumbuh
Denah yang dibuat dengan cukup baik, dipasang di dekat area parkir yang memperlihatkan pintu-pintu gua, alur lintasan, undakan dan apa yang dilihat pengunjung di dalam gua Ngalau Indah.
Ngalau Indah Payakumbuh
Undakan menuju mulut gua Ngalau Indah yang kondisinya baik dan mudah untuk dilalui pejalan, di bawah rimbun pohon yang meneduhi area mulut gua.
Ngalau Indah Payakumbuh
Sebuah batu besar di dekat mulut gua Ngalau Indah. Area di dekat mulut gua ini sangat luas dengan penerangan yang baik. Di sini terdapat undakan, menurun ke arah dasar gua Ngalau Indah.
Ngalau Indah Payakumbuh
Salah satu bagian dinding gua Ngalau Indah yang berwarna putih kekuningan dengan lekuk-lekuk yang indah. Sayang sekali tangan-tangan jahil masih mengotori keindahan dinding gua Ngalau Indah ini.
Ngalau Indah Payakumbuh
Ruangan luas yang berada tidak jauh dari mulut gua Ngalau Indah dimana terdapat batu gajah yang pertama, dan beberapa batuan besar lainnya yang bentuknya menyerupai sebuah altar.
Ngalau Indah Payakumbuh
Salah satu undakan gua Ngalau Indah dengan langit-langit tinggi dibalut batuan kapur berwarna putih kekuningan dan abu-abu. Penerangan di dalam gua Ngalau Indah ini cukup baik, demikian juga dengan sirkulasi udaranya.
Ngalau Indah Payakumbuh
Salah satu mulut gua Ngalau Indah yang berada di ujung lintasan gua. Namun pengunjung biasanya tidak keluar dari mulut gua ini.
Ngalau Indah Payakumbuh
Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar.
Ngalau Indah Payakumbuh
Stalagtit Ngalau Indah yang menyerupai nganga mulut raksasa dengan deretan gigi runcing yang sebagian telah rompal. Batuan stalagtit dan stalagmit di dalam gua Ngalau Indah ini diberi nama oleh penduduk setempat, diantaranya disebut sebagai Batu Tetesan Air Mata, Batu Tangkai Payung, Batu Kelambu, Batu Tirai Pengantin, dan Batu Ibu Menangis.
Ngalau Indah Payakumbuh
Salah satu undakan Ngalau Indah yang menuju mulut gua ketiga yang letaknya di bagian atas mulut gua pertama, sekaligus berfungsi sebagai pintu keluar bagi para pejalan.
Ngalau Indah Payakumbuh
Dinding batuan kapur yang sangat tinggi dengan bentuk lekukan indah di dalam gua Ngalau Indah.
Ngalau Indah Payakumbuh
Sebuah stalagmit Ngalau Indah yang bentuknya menyerupai sebuah singgasana raja.
Ngalau Indah Payakumbuh
Dinding-dinding tinggi Ngalau Indah yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun ini menciptakan bentuk-bentuk yang artistik.
Ngalau Indah Payakumbuh
Sebuah undakan Ngalau Indah di bawah relung-relung gua putih hijau kekuningan. Meskipun terlihat agak kurang bersih dan kurang terawat, namun kondisi gua Ngalau Indah ini masih bisa dikatakan cukup baik.
Ngalau Indah Payakumbuh
Pemandangan ke arah mulut gua Ngalau Indah pertama, dilihat dari mulut gua di atasnya yang berfungsi sebagai pintu keluar. Sulur-sulur pohon beringin tua tampak menghiasi dinding perbukitan kapur Ngalau Indah.
Ngalau Indah Payakumbuh
Pemandangan dari Bukit Simarajo ke arah jalan Bukittinggi – Payakumbuh, dengan hamparan sawah subur dan pemandangan bukit hijau yang mulai dikelupas, yang lambat laun bakal merampas keindahan alam yang tercipta selama ratusan tahun. Ke arah sebelah kanan akan terlihat pemandangan ke arah Kota Payakumbuh.

Ngalau Indah

Bukit Simarajo, Payakumbuh
Sumatera Barat
GPS: -0.254890, 100.604300

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More