Power Pulsar 200NS hanya kalah melawan KTM Duke 200
















Menarik ketika IWB menemukan sebuah tabel komparasi yang dilakukan oleh salah satu media online negara Hindustan. Informasi termasuk lengkap sebab disana juga dicantumkan kalkulasi PWR, komsumsi bahan bakar hingga braking poin. Perbandingan tidak tanggung-tanggung karena melawan produk-produk tangguh seperti Honda CBR250R, Yamaha R15 V.2, Hero Karizma ZMR, KTM Duke 200 serta saudaranya yakni P220. Bagaimana detilnya?? monggo diintip…

Untuk kubikasi paling besar dipegang oleh CBR250R (249,4cc) kemudian berturut-turut Karizma ZMR (223cc), Pulsar 220 (220cc), Duke 200 (199,5cc), Pulsar 200NS (199,5cc) dan yang terakhir Yamaha R15 (149,8cc). Gimana dengan output power??. Urutan sedikit ada perubahan….yang teratas masih dihuni CBR250 dengan muntahan tenaga 26ps@8,500RPM, disusul KTM Duke 200 (25PS@10,000RPM), Pulsar 200NS (23,52PS@9500RPM), P220 (21,04PS@8500RPM), Hero Karizma ZMR (18PS@7000RPM) dan paling buncit adalah Yamaha R15 (17PS@8500RPM)…..

Kalau membicarakan output power jelas cc besar sangat diuntungkan. Tapi perhitungan diatas akan berubah jika motor sedang melaju dijalanan sebab menyangkut banyak variabel yang mempengaruhi penyaluran tenaga keroda. Seperti gesekan rantai, gear, karet bundar keaspal dan yang paling vital adalah bobot. Semakin besar bobot yang dipikul engine untuk menggerakkan roda…..maka tenaga yang tersalur untuk membuat roda berputar makin mengecil. Oleh sebab itu muncul kalkukasi power to weight ratio….disingkat PWR guna mengetahui seberapa besar daya aktual yang mampu dicapai sikuda besi setelah dikurangi dari segi bobot. Maka hasilnya sebagai berikut….

Podium satu Honda CBR250R langsung disodok oleh KTM Duke 200 dengan hasil 200PS/Tonne. Disusul saudara seatap yakni Pulsar 200NS yang nongkrong diposisi dua dengan hasil 162,2PS/Tonne…kemudian Honda CBR250R tembus 160.4PS/Tonne….P220 meraih 138,4ps/Tonne, Yamaha R15 V.2 mencapai 1225PS/Tonne dan yang paling buncit adalah Karizma ZR (113.2PS/Tonne). Disini terlihat yang paling ngedrop adalah Hero Karizma sebab bobot lumayan nampol yaitu 159KG…padahal output power hanya 18PS. Sedang Pulsar 200NS cuma kalah dari KTM Duke 200 atau mengungguli Pulsar 220…bahkan CBR250 sekalipun. Semakin besar hasil PS/Tonne maka reaksi accelerasi biasanya makin terasa….

Kendati demikian, tabel diatas hanyalah data diatas kertas yang bisa saja terjadi discrepancy atau perbedaan. Karena itu untuk membuktikan kehandalan sesungguhnya lebih baik dengan cara diadu drag race jarak pendek. Gimana menurut mzbro semua. Monggo berikan opininya……….(iwb)


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More