TVS Apache 160, Beda Konsep Beda Karakter


Ini dia tongkrongan modifikasi yang paling digemari. Gaya balap lengkap dengan fairing atau bisa juga tampil ala streetfighter. Diaplikasi pada dua TVS Apache 160 yang bakal mejeng di stan PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) di PRJ, 9 Juni - 10 Juli 2011 nanti. Masih dirasa pas meski berubah total, tetap nyaman dibawa jalan.    

Pada sport berfairing pengerjaan dilakukan bengkel Insan Motor (IM) di Jati Asih, Bekasi. "Rangka tidak ada dipotong. Hanya membuang beberapa dudukan bodi yang sudah tidak dipakai," pasti Yoestinus Erwan Santoso sang builder.

Khusus buat bodi, Iyus sapaan akrabnya, menggunakan bodi full custom berbahan dasar fiberglass. "Konsep gabungan antara bodi Yamaha R6 dan Suzuki GSX," ujar builder kalem itu.

Tentu saja secara dimensi harus disesuaikan besarnya mesin. Jangan sampai bodi kedodoran. Semua dibuat seharmonis mungkin," lanjutnya. 

Contoh dari penyesuaian dimensi yang dimaksud adalah penggunaan lampu depan Suzuki Arashi 125. "GSX punya ciri lampu seperti ini, tapi jika dipasang aslinya, kebesaran dan enggak pas dengan Apache, karena itu hanya pakai punya Arashi 125," ujar pria asal Malang ini.

Dari depan terlihat agak sedikit gelap.Itu karena Iyus sudah pakai lapisan karbon pada beberapa detail fairing. "Maksudnya supaya semakin kuat kesan balapnya," alasan Iyus lagi. 
Untuk yang bergaya streetfighter dibuat oleh bengkel Baru Motor Sport (BMS) dari Palmerah, Jakarta Barat. Ariawan Wijaya sang modifikator langsung kepikiran memberikan efek perkasa pada motor blasteran Indonesia-India ini.

"Streetfighter itu harus gagah, makanya pemilihan limbah yang dipasang juga harus pas. Tetap memperhatikan dimensi asli rangka dan tentunya juga bodi," mantap ayah satu anak ini.

Pastinya kaki-kaki yang menjadi fokus utama. Lengan ayun dari Yamaha R1 kelahiran 2009 memang berhasil membuat tongkrongan motor menjadi besar. 

Ditambah upside down GSX 750. "Upside down ini diambil dari seri SRAD Edition, menjadi lebih keren karena merah," tambah Ari.

Memang pemilihan kelir ini disengaja supaya lebih harmonis. Terlebih kelir motor merupakan perpaduan merah dan putih. Karena itu pula, selain upside down, kaliper, footstep semua dipilih dengan kelir senada. Bukti meski tampil garang harmonisasi warna tetap dijaga.   (motorplus-online.com)

Data Modifikasi Apache Sport Fairing (Biru)
Ban depan : Battlax 110/70-17
Ban belakang : Battlax 140-70-17
Pelek : Yamaha FJR
Sok depan : CBR 400
Swing arm : GSX 400
Knalpot : Custom
Sepatbor : RS250 carbon
Stop light : ZX 6
Windhiseld : Carbon
Bodi : Custom
IM : 0812-9737-900


Data Modifikasi Apache Streetfighter (Merah)
Ban depan : Pirelli Diablo 120/70-17
Ban belakang : Pirelli Diablo 190/50-17
Pelek : GSX 1000
Setang : Two Brother
Master rem : Kawasaki ER6N
Kaliper depan : Tokico 6 piston
Kaliper belakang : Nissin
Head lamp : Projector custom
BMS : 0819-1511-3717

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More