Cara Membuat Rendang Telur ( Masakan Khas Payakumbuh)

   


 

Anda termasuk salah seorang penggemar masakan rendang? Jika ya, Anda pasti mengetahui rendang telur, atau paling tidak Anda pernah mendengarnya.

Rendang merupakan masakan khas dari Sumatera Barat. Biasanya, rendang dibuat dengan berbahan dasar daging. Tapi sebenarnya tidak hanya daging yang dapat dijadikan rendang. Ada bermacam-macam jenis rendang, di antaranya rendang ayam, rendang paru, rendang kerang, rendang udang, rendang telur, dsb.

Nah, kali ini akan dicoba bagaimanai cara memasak rendang telur. Resepnya hampir sama dengan rendang pada umumnya.

Siapkan Bahan
20 butir putih telur
200 ml santan kental
600 ml minyak goreng
1 lembar daun kunyit
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 tangkai serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
Garam secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
7 buah cabai merah, jika ingin lebih pedas boleh dilebihkan

Cara Memasak Rendang Telur
Pertama, pisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian putih telur dimasukkan ke dalam wadah atau kantong plastik, pastikan tidak tumpah. Putih telur dikukus sampai matang dan terlihat padat. Angkat dan dinginkan.


Setelah putih telur yang dikukus tadi dingin, iris tipis-tipis.


Panaskan minyak goreng, kemudian goreng irisan putih telur hingga kering. Angkat dan tiriskan.


Ambil sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus sampai harum dan matang.


Setelah itu masukkan telur goreng ke dalam bumbu yang ditumis, aduk rata.


Masak sampai bumbu benar-benaru meresap.


Setelah bumbu meresap, masukkan santan kental. Aduk secara perlahan terus menerus, hingga hampir mendidih. Kemudian kecilkan api dan masak hingga santan mengering, kemudian angkat.


Rendang telur siap disajikan.

Tips Memasak Rendang

Memasak rendang bukanlah suatu hal yang sulit, namun membutuhkan kesabaran dalam mengaduknya. Karena membuat masakan khas Sumatera Barat ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, untuk satu kilogram daging biasanya memerlukan waktu minimal empat jam.

Banyak juga kendala yang ditemukan ketika membuat rendang, misalnya rendang tak kunjung mengering dan kuah santannya berbentuk seperti lumpur. Atau pada kasus lain, minyak yang dihasilkan oleh santan terlalu banyak. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus dipraktekkan dalam memasak rendang.
Dalam membuat rendang, ada takaran yang harus diperhatikan. Untuk 1 kg daging/ayam, kelapa yang digunakan adalah sebanyak empat butir.


Santan yang dihasilkan dari empat butir kelapa tersebut sebaiknya adalah santan yang dibuat kental untuk mencegah terbentuknya minyak yang berlebihan ketika rendang mulai matang. Pada perasan pertama sebaiknya jangan dicampur air.


Dianjurkan untuk tidak menggunakan santan instan (santan jadi dalam kemasan) karena biasanya rendang tidak akan bisa mengering dan akan tetap seperti kalio (gulai kental).


Jika Anda menginginkan bumbu rendang yang banyak, maka kelapa yang digunakan juga harus banyak. Memeras santan sebaiknya memakai serbet/kain agar sari pati santan benar-benar keluar.


Agar rendang bisa berwarna hitam seperti buatan asli orang Minang, jangan menggunakan kunyit. Karena warna kunyit akan membuat rendang tetap berwarna merah.


1 komentar:

nice info
tanks
http://tokoonlinepayakumbuh.com

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More