TNI Siap Diturunkan Hadapi Demo BBM

SENIN, 26 MARET 2012, 16:41 WIB
Eko Huda S, Mohammad Adam



TNI jaga Istana Merdeka saat terjadi demo anti kenaikan harga BBM (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
BERITA TERKAIT


VIVAnews - Panglima Tentara Nasional Indonesia, Laksamana Agus Suhartono, mengatakan sejumlah pasukannya telah disiapkan untuk menghadapi aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak. Personel itu siap diturunkan jika ada permintaan dari Polri.

"Personel yang saya sediakan sesuai dengan permintaan Polri," ujar Agus di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin 26 Maret 2012.

Agus tidak menyebut berapa personel yang dia persiapkan itu. Yang jelas, lanjut dia, TNI siap memenuhi berapa pun jumlah yang diminta oleh Polri. "Pokoknya cukup sesuai kebutuhan yang dibutuhkan Polri," kata Agus. "Pokoknya Polri minta dimana kita siapkan."

Sebelumnya, Menteri Djoko Suyanto mengatakan pemerintah akan mengedepankan personel Polri untuk menghadapi para demonstran. Penanganan aksi juga akan dilakukan dengan cara persuasif. "Polri akan tetap persuasif, yang berpegang kepada pranata sosial dan hukum yang ada. Karena itu jangan sampai ada yang merugikan," kata Djoko.

Untuk pelibatan TNI, tambah dia, hanya diperbantukan jika memang benar-benar dibutuhkan untuk menangani para demonstran. "Aparat TNI hanya disiagakan jika diperlukan. In time of crisis atau in time of needed. Berdasarkan pemberitahaun dari pihak Polri," tambah Djoko. (umi)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More